Bagian Bagian Microsoft Excel

Nama : Daffa Muhammad Rozhan

Kelas : XI MIPA 3




Gambar Tampilan LayOut MS. EXCEL


NO

NAMA

KETERANGAN

1

Quick Acces Toolbar

Quick Access Toolbar berfungsi buat jalan pintas terhadap akses atau perintah yang sering kita tuang. di Quick Access Toolbar, umumnya akan dihasilkan beberapa fungsi atau tombol penting, seperti Save, Print, Email, Print Preview, Spelling, serta lain sebagainya.

2

Title Bar

Berisi judul file. Judul awal file sebelum disimpan dan diberi nama yaitu “Book1”

3

        Menu Bar

 

Menu Bar biasanya berisi deretan perintah yang di dalamnya masih terdiri dari beberapa toolbar atau submenu lainnya.

4

      Cells

       

Cells atau sel merupakan pertemuan antara baris dan kolom. Untuk mengaktifkan sel, kita dapat mengkliknya pada sel yang kita inginkan.

5

        Name Bar

 

Biasanya terletak di bawah toolbar, di samping formula bar dan berada di atas lembar kerja. Name bar biasanya menampilkan nama sel yang sedang aktif. Contohnya A1, B1,C1 dan seterusnya. Berdasarkan contoh tersebut dapat kita simpulkan bahwa penamaan yang benar terhadap sel yang sedang aktif adalah didahului oleh letak columns yang diwakili dengan huruf dan diikuti letak Rows yang diwakili dengan angka.

6

        Formula Bar

 

Formula bar atau bar rumus terletak sejajar dengan bar nama. Biasanya digunakan untuk memasukkan atau mengedit data beserta rumus-rumus yang terdapat di sel. Bar rumus akan terisi bila sel yang sedang aktif juga telah terisi. Jadi, bila sel yang aktif masih kosong maka bar rumus juga akan terlihat kosong.

7

        Columns

 

Columns atau kolom merupakan deretan huruf secara horizontal yang berjajar lurus ke samping dan terletak di bawah Name bar dan formula bar, di atas kumpulan sel yang diwakili dengan dengan huruf dari A sampai XFD sebanyak 16384 kolom setiap lembar kerja (worksheet).

8

        Status Bar

 

Status bar atau bar status terletak di bawah tab sheet yang berfungsi untuk menampilkan kondisi workspace kita. Sebagai contoh hampir setiap saat Ms. Excel menampilkan kata Ready di ujung kiri baris status. Hal itu berarti worksheet telah siap menerima berbagai informasi baru.

9

Tab WorkSheet

Bagian yang menampilkan Sheet (lembar) yang telah dibuat.

10.

Insert WorkSheet

Bagian yang berfungsi untuk menambahkan Sheet (lembar) baru.

11.

Horizontal Scroll Bar

Bagian yang berfungsi untuk menggulir (scroll) halaman ke kanan dan kiri.

12.

Vertical Scroll Bar

Bagian yang berfungsi untuk menggulir (scroll) halaman ke arah atas dan bawah

13.

Rows (Baris)

Bagian yang menampilkan bagian baris yang ditandai dengan angka


Komentar