Bagian Bagian Microsoft Excel
Nama : Daffa Muhammad Rozhan
Kelas : XI MIPA 3
Gambar Tampilan LayOut MS. EXCEL
NO |
NAMA |
KETERANGAN |
1 |
Quick Acces
Toolbar |
Quick
Access Toolbar berfungsi buat jalan pintas terhadap akses atau perintah
yang sering kita tuang. di Quick Access Toolbar, umumnya akan
dihasilkan beberapa fungsi atau tombol penting, seperti Save, Print, Email,
Print Preview, Spelling, serta lain sebagainya. |
2 |
Title Bar |
Berisi judul file.
Judul awal file sebelum disimpan dan diberi nama yaitu “Book1” |
3 |
Menu Bar |
Menu Bar biasanya berisi deretan perintah yang di dalamnya
masih terdiri dari beberapa toolbar atau submenu lainnya. |
4 |
Cells
|
Cells
atau sel merupakan pertemuan antara baris dan kolom. Untuk mengaktifkan sel,
kita dapat mengkliknya pada sel yang kita inginkan. |
5 | Name Bar
|
Biasanya terletak di
bawah toolbar, di samping formula bar dan berada di atas lembar kerja. Name
bar biasanya menampilkan nama sel yang sedang aktif. Contohnya A1, B1,C1 dan
seterusnya. Berdasarkan contoh tersebut dapat kita simpulkan bahwa penamaan
yang benar terhadap sel yang sedang aktif adalah didahului oleh letak columns
yang diwakili dengan huruf dan diikuti letak Rows yang diwakili dengan angka. |
6 |
Formula Bar
|
Formula bar atau bar rumus terletak sejajar dengan bar
nama. Biasanya digunakan untuk memasukkan atau mengedit data beserta
rumus-rumus yang terdapat di sel. Bar rumus akan terisi bila sel yang sedang
aktif juga telah terisi. Jadi, bila sel yang aktif masih kosong maka bar
rumus juga akan terlihat kosong. |
7 | Columns
|
Columns atau kolom merupakan deretan huruf secara
horizontal yang berjajar lurus ke samping dan terletak di bawah Name bar dan
formula bar, di atas kumpulan sel yang diwakili dengan dengan huruf dari A
sampai XFD sebanyak 16384 kolom setiap lembar kerja (worksheet). |
8 | Status Bar
|
Status bar atau bar status terletak di bawah tab sheet yang
berfungsi untuk menampilkan kondisi workspace kita. Sebagai contoh hampir
setiap saat Ms. Excel menampilkan kata Ready di ujung kiri baris status. Hal
itu berarti worksheet telah siap menerima berbagai informasi baru. |
9 |
Tab
WorkSheet |
Bagian yang
menampilkan Sheet (lembar) yang telah dibuat. |
10. |
Insert
WorkSheet |
Bagian yang berfungsi
untuk menambahkan Sheet (lembar) baru. |
11. |
Horizontal
Scroll Bar |
Bagian yang berfungsi
untuk menggulir (scroll) halaman ke kanan dan kiri. |
12. |
Vertical
Scroll Bar |
Bagian yang berfungsi untuk menggulir (scroll) halaman ke
arah atas dan bawah |
13. |
Rows
(Baris) |
Bagian yang
menampilkan bagian baris yang ditandai dengan angka |
Komentar
Posting Komentar